Powered by Blogger.

Apa yang Dimaksud dengan Bit rate

Apakah kamu hobi mendengarkan musik lewat PC? Coba perhatikan file Mp3-mu. Kamu bisa menemukan nilai bitrate dari file musik kamu (biasanya 64 Kbps, 128 Kbps, 320 Kbps, dan seterusnya). Semakin tinggi nilai bitrate-nya, maka file musik kamu cenderung makin bening dan detil ketika diputar. Demikian juga dengan file video. Nilai bitrate yang semakin tinggi menunjukkan gambar yang semakin bening dan audio yang bagus. Dari gambaran sekilas yang diberikan PG, kamu pasti sudah ada bayangan tentang apa itu bitrate. Kali ini JIS ingin membahas secara utuh mengenai apa yang dimaksud dengan bitrate tersebut untuk menambah pengetahuan kita bersama terkait dengan bidang teknologi.


Apa itu Bitrate?
Bitrate adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah data yang diolah dalam jumlah waktu tertentu. Tergantung dari konteksnya, pengukuran umum dari bitrate biasanya menggunakan istilah kilobyte per second (kbps) dan Megabyte per second (Mbps). Apapun unit yang tengah diukur, semakin tinggi angka bitrate ini, biasanya menggambarkan kualitas file yang tinggi atau semakin cepat.
Tapi penting bagi kamu untuk tahu bahwa angka yang lebih rendah berarti makin minim beban untuk hardware kamu, sehingga file semacam ini efektif untuk smartphone atau tablet. Gambaran real-nya, mungkin smartphone kamu tidak bisa memutar video dengan format mp4 dengan bitrate di atas 360 tanpa bantuan software tertentu – nah inilah gunanya file dengan bitrate lebih kecil…

 Bitrate pada Internet

Dalam kaitannya dengan kecepatan internet, bitrate yang lebih tinggi pasti lebih baik. Bitrate yang streaming, bermain game online dengan lag yang lebih minim, dan tentu saja lebih cepat mendownload file-file gede.
tinggi untuk Internet akan mengurangi beban terhadap hardware kamu dan akan mengirimkan konten website yang kamu inginkan lebih cepat. Dengan bitrate yang lebih tinggi, kamu juga bisa melakukan lebih banyak hal dengan koneksi internet kamu. Misalnya menonton video HD secara
Kamu bisa melakukan pengetesan terhadap bitrate internet kamu dengan mengunjungi website seperti http://speedtest.net dan melakukan tes terhadap kecepatan koneksi kamu disitu.
Sekedar info saja, beberapa instansi dan pengguna Google Fiber bisa mendapatkan bitrate sebesar 1 Gbps (1000 Mbps). Tapi pelanggan Speedy seperti JIS palingan dapat 384 Kbps atau 512 Kbps. Uhuk… Agak jauh kayaknya…

 Bitrate pada Audio dan Video

Dalam konteks audio dan video, bitrate memiliki definisi yang sedikit berbeda. Bitrate disini mengacu pada jumlah data yang disimpan tiap detik media yang dimainkan. Misalnya, seperti yang sudah disinggung di atas, MP3 dengan ukuran 320 Kbps tentu saja lebih jernih suaranya dibanding yang 128 Kbps, meskipun mungkin kamu melakukan converting dari sumber yang sama.
Hal yang sama berlaku untuk video. Bitrate yang lebih tinggi berarti kualitas yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan video ber-resolusi sama. Karena bitrate yang lebih tinggi berarti pemrosesan data yang lebih cepat dalam jangka waktu yang sama, serta ukuran data lebih besar.
Tapi ada sedikit keunikan pada format video ini. Beberapa format video tertentu, seperti mkv, memungkinkan ukuran data yang lebih kecil, tapi bitrate yang lebih tinggi. Keunikan ini diakibatkan algoritma pengolahan yang berbeda dengan format file video lainnya.
  
Bitrate pada Hard Drive dan SSD

Bila konteksnya adalah hard drive atau SSD, maka bitrate menunjukkan kecepatan membaca dan ‘menulis’ pada perangkat tersebut. Umumnya, hard drive memiliki kecepatan baca dan menulis yang sama, sehingga mungkin bedanya hanya pada RPM dari hard drive tersebut.
Penting bagi kita untuk mengetahui ukuran bitrate untuk ‘membaca’ dan ‘menulis’ pada perangkat hard drive. Kecepatan baca SSD tingkat menengah rata-rata adalah 500 Mbps dan kecepatan tulisnya adalah 200 Mbps, sementara itu, SSD yang lebih bagus, b
iasanya seimbang, dengan kecepatan baca dan tulis 500 Mbps. Ini juga pengaruh pada kinerja CPU kamu secara keseluruhan loh. Dengan memiliki hard drive atau SSD ber-bitrate tinggi, kamu bisa bekerja lebih cepat dengan perangkat milik kamu!

Nah, itu tadi sekedar sharing tentang bitrate, ukuran kecepatan data yang mempengaruhi berbagai perangkat, file audio dan video, serta juga transfer data internet. Ukuran bitrate ini juga bisa kamu jadikan referensi untuk memilih-milih file atau perangkat yang akan kamu gunakan.

0 comments:

Post a Comment