Powered by Blogger.

Google Bertanya Tentang Komodo dengan Kuis

JIS -- Ada yang berbeda saat pengguna berselancar menggunakan mesin pencari Google. Logo khas warna-warni Google berganti dengan gambar animasi Komodo. Ada apa?

Usut punya usut, ternyata Google menyambut hari jadi Taman Nasional Komodo yang ke-37.  Google Doodle, begitu fitur ini disebut mengajak pengguna untuk menjawab pertanyaan seputar keberadaan hewan purbakala tersebut.


Misalnya, apakah Komodo termasuk hewan kadal terbesar di dunia? atau Komodo termasuk hewan jinak dan ramah?

Sekedar diketahui, Lokasi Taman Nasional Komodo terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil.


Komodo merupakan golongan kadal terbesar. Hewan ini dapat mencium mangsa hingga jarak 10 kilometer menggunakan lidahnaya yang bercabang. Kecepatan lari komodo ini memang tak seberapa dibanding dengan kuda. Menempuh jarak 20km paling cepat ditempuh dalam waktu 1 jam.

Pada tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Di sana terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. B
Google Sambut Ultah Taman Nasional Komodo dengan KuisFoto: Google Doodle

Bersama dengan komodo, setidaknya 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.

Bagian dari acara hari jadi ini, Komodo Festival 2017 diselenggarakan sejak awal Februari lalu. Selama sebulan, Pemerintah Provinsi Manggarai Barat didukung Kementerian Pariwisata menggelar serentetan acara dengan tujuan menghibur sekaligus menarik semakin banyak pengunjung ke Labuan Bajo.

Labuan Bajo sendiri termasuk daerah yang terus dipromosikan Kemenpar untuk mendulang wisatawan. Wilayah itu termasuk 10 Bali Baru, sebutan bagi destinasi yang menjadi prioritas promosi Kemenpar belakangan ini. Peningkatan wisatawan sudah terbukti.

Itu dapat dilihat dengan kunjungan pebalap Moto GP ternama, Valentino Rossi ke Labuan Bajo beberapa waktu lalu. Rossi sempat tinggal selama tiga hari, mengunjungi Pulau Komodo, Pulau Padar, Pantai Pink, dan Manta Point. Kunjungan itu menjadi viral di media sosial. 
 
Sumber : CNN INDONESIA

0 comments:

Post a Comment