Menurut Barbara Kahn, Profesor pemasaran dari The Wharton School of University of Pennsylvania, logo merupakan komunikasi merek. Jadi, sebuah logo memerlukan ciri khas jelas yang dapat diidentifikasi dengan merek, serta konsisten digunakan dari waktu ke waktu.
Jeff Hansen, General Manager Brand Strategy Microsoft, mengomentari logo-logo Microsoft di masa lalu beserta pengaruhnya, sebagaimana dilansir portal berita The Seattle Times. Dikutip dari Kompas.com, Berikut 5 Logo Microsoft dari Masa ke Masa:
1. Logo
pertama Microsoft (1975 - 1979)
Logo
perdana terdiri dari dua baris teks, yakni teks Micro di baris pertama dan Soft
di baris kedua. Ini mencerminkan representasi pemikiran Bill Gates dan Paul
Allen yang memberi nama asli perusahaan "Micro-Soft" yang berarti
"mikrokomputer" dan "software".
2. Logo kedua Microsoft (1980 - 1981)
3. Logo ketiga Microsoft (1982 - 1986)
4. Logo keempat Microsoft (1987 - 2012)
Terlihat ada potongan kecil pada huruf "O" yang pertama, yang seperti menghubungkan kata Micro dan Soft. Huruf "F" dan "T" juga dihubungkan oleh garis horizontal.
5. Logo kelima Microsoft (2012 sampai sekarang)
Seperti pada logo keempat, logo baru ini juga pada Huruf "F" dan "T" masih terhubung oleh garis horizontal.
Simbol pada logo baru tampak terinspirasi dari sistem operasi Windows, yang merupakan produk unggulan Microsoft. Simbol Windows (jendela) terdiri dari empat kotak berwarna merah, hijau, biru, dan kuning. Menurut Hansen, simbol ini hendak mengungkapkan beragam portofolio produk Microsoft.
Logo baru sengaja dirilis pada 2012. Sebab, 2012 merupakan tahun penting bagi Microsoft, di mana mereka akan merilis versi terbaru untuk software unggulan, seperti Windows 8, Windows Phone 8, konsol game Xbox, dan software perkantoran Office.
Sumber : Dari berbagai sumber